A.
Pasar Persaingan Sempurna
Suatu pasar dimana terdapat
banyak penjual dan pembeli, barang yang didagangkan adalah barang homogen atau
barang yang sama dan penjual tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga. Dalam pasar persaingan sempurna produsen bisa keluar dan masuk pasar dengan
sangat mudah. Dilihat dari persaingan diuar harga, pasar persaingan
sempurna tidak memiiki persaingan di luar harga.
B.
Pasar Monopoli
Pasar monopoli merupakan
suatu pasar yang hanya memiliki satu penjual saja sehingga pembeli tidak punya
pilihan dan penjual memiliki pengaruh besar dalam perubahan harga. Dalam pasar monopoli hanya
terdapat satu perusahaan atau penjual. Dan barang yang didagangkan pada pasar monopoli adalah
barang yang unik atau langka.
C.
Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli yaitu pasar
yang hanya terdapat beberapa produsen di dalamnya yang saling mempengaruhi dan
bersaing dalam kualitas barang. Pasar oligopoli memiliki sedikit perusahaan atau produsen.
Dengan menghasilkan barang standar atau berbeda
corak, dalam pasar oligopoli adakalanya produsen tangguh dan adakalanya lemah
dalam memengaruhi harga serta cukup sulit bagi produsen untuk keluar masuk
pasar.
D.
Monopoli & Dimensi Etika Bisnis
Dari sisi etika bisnis, pasar monopoli dianggap kurang baik
dalam mencapai nilai-nilai moral karena pasar monopoli tak teregulasi tidak
mampu mencapai ketiga nilai keadilan kapitalis, efisiensi ekonomi dan juga
tidak menghargai hak-hak negatif yang dicapai dalam persaingan sempurna.
E.
Etika Di Dalam Pasar Kompetitif Sempurna
Pasar bebas
kompetitif sempurna mencakup kekuatan-kekuatan yang mendorong pembeli dan
penjual menuju apa yang disebut titik keseimbangan.
Dalam hal
ini pasar dikatakan mampu mencapai tiga moral utama :
- Mendorong pembeli dan penjual mempertukarkan barang dalam cara yang adil.
- Memaksimalkan utilitas pembeli dan penjual dengan mendorong mereka mengalokasikan, menggunakan, dan mendistribusikan barang-barang dengan efisiensi sempurna.
- Mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan suatu cara yang menghargai hak pembeli dan penjual untuk melakukan pertukaran secara bebas.
F.
Kompetisi
Pada Pasar Ekonomi Global
Kompetisi
mempunyai pengertian adanya persaingan antara perusahaan untuk mencapai pangsa
pasar yang lebih besar. Kompetisi antara perusahaan dalam merebutkan pelanggan
akan menuju pada inovasi dan perbaikan produk dan yang pada akhirnya pada harga
yang lebih rendah. Sebuah perusahaan yang memimpin pasar dapat dikatakan sudah
mencapai keunggulan kompetisi. Kompetisi baik bagi perusahaan karena akan terus
mendorong adanya inovasi, ketekunan dan membangun semangant tim. Sekalipun
demikian, tidak selamanya kompetisi selalu baik karena kita harus memastikan
bahwa para pesaing perusahaan kita tidak akan mencuri pelanggan kita.
Dalam pengertian sempit, kompetisi mempunyai pengertian
perusahaan-perusahaan berusaha sekuat tenaga untuk membuat pelanggan membeli
produk mereka bukan produk pesaing. Oleh karena itu, akan terdapat pihak yang
menang dan yang kalah. Dalam pengertian luas sebagaimana sudah disebutkan di
atas, kompetisi merupakan usaha organisasi bisnis dalam memperoleh pangsa pasar
yang lebih besar dan lebih sukses dibandingkan dengan pesaingnya. Ada tiga
model kompetisi dalam dunia bisnis, yaitu: kompetisi manufaktur, kompetisi
penjualan dan model-model kompetisi.
Jadi
Indonesia memiliki daya atau kemampuan saing untuk berkompetisi dalam pasar
global. Belum lagi faktor-faktor lain yang tidak diuraikan dalam. Jika ingin
mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mengekspansi sayap-sayapnya
pada skala ASEAN pada MEA dan AFTA 2015 (untuk jangka pendek), maupun pada
skala global (untuk jangka panjang), beberapa hal yang tertinggal terlebih
dahulu harus dikejar dan dibenahi secara makro. Pertama, membentuk SDM yang
kuat dan profesional. Kedua, dalam rangka peningkatan produktivitas dan
efisiensi, teknologi-teknologi sebagai alat produksi perlu dimutakhirkan,
dengan harapan bisa menurunkan biaya produksi.
Makasih ya atas informasinya .. keren
BalasHapusKeuntungan Bisa Menerapkan Pola Hidup Yang Sehat