Rabu, 01 Mei 2013

Pengertian Ekonomi


Sumber : http://www.plengdut.com/2013/01/pengertian-ekonomi-mikro-dan-ekonomi.html
               http://thedarkancokullujaba.blogspot.com/2012/09/pengertian-ekonomi.html

Pengertian Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos dan nomos. Oikos adalah rumah tangga dan Nomos berarti ilmu. Gabungan dari kata tersebut, terbentuklah pengertian ekonomi.  Pengertian tersebut, menunjukkan sebuah kondisi yang merujuk pada pengertian tentang aktivitas manusia, pada usaha untuk bisa menolah sumber daya yang ada dilingkungan sekitarnya. 
Ilmu ekonomi dibagi menjadi dalam tiga bidang, yaitu : Bidang pertama adalah bidang tata buku atau lebih dikenal dengan nama akuntansi. Bidang kedua, terkait dengan teknik penataan sistem organisasi atau yang dikenal dengan manajemen. Dan Bidang ketiga, adalah konsep ilmu ekonomi yang membahas tentang masalah ekonomi negara atau yang dikenal dengan ekonomi pembangunan.
Istilah mendasar dalam Ekonomi, diantaranya :
Azas Ekonomi : Adalah dasar-dasar yang digunakan dalam pengambilan kepuusan dan 
        kebijakan terkait sektor perekonomian.
Faktor Produksi : Adalah aktivitas ekonomi, terdapat beberapa hal yang menjadi dasar dalam  
        kegiatan ekonomi.
Prinsip Ekonomi: Adalah dasar manusia dalam melakukan aktivitas ekonomi.
Sistem Ekonomi : Adalah sebuah siste yang dianut oleh sebuah negara dalam menentukan kebijakan perekonomian dalam sebuah negara, seperti : ekonomi liberal, ekonomi sosial dan sistem ekonomi demokrasi.
Ekonomi Mikro adalah ilmu yang mempelajari aktivitas-aktivitas perekonomian yang bersifat bagian kecil, yang memusatkan perhatiannya pada masalah bagaimana konsumen akan mengalokasikan pendapatannya yang terbatas terhadap berbagai macam barang dan jasa yang dibutuhkan, untuk memperoleh kepuasan maksimum.
Ekonomi Makro adalah bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan. Dengan demikian hubungan kausal yang dipelajari dalam ekonomi makro, pada intinya adalah hubungan antarvariabel ekonomi agregatif (secara keseluruhan), seperti tingkat pendapatan nasional, tingkat kesempatan kerja, pengeluaran konsumsi rumah tangga, saving (tabungan), investasi nasional, tingkat bunga, jumlah uang yang beredar, neraca pembayaran, stok kapital nasional, utang pemerintah, dan sebagainya.


OPINI : Jadi kesimpulan dari ekonomi itu adalah kegiatan manusia di kehidupan sehari-hari yang setiap manusia ingin meperoleh laba yang besar dan modal yang kecil hingga mencapai tingkat kepuasan dalam memperolehnya. Apabila manusia belum bisa memperolehnya dengan kemampuannya manusia tersebut akan selalu berusaha dan berkerja terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar