Rabu, 01 Mei 2013

Pengertian Matematika


Sumber : http://www.sarjanaku.com/2011/06/pengertian-matematika.html
               http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika

Pengertian  Matematika merupakan ratu dari ilmu pengetahuan dimana materi matematika di perlukan di semua jurusan yang di pelajarai oleh semua orang, Kata "matematika" berasal dari bahasa Yunani Kuno  (mathema), yang berarti pengkajian, pembelajaran, ilmu yang ruang lingkupnya menyempit, dan artinya "pengkajian matematika", bahkan demikian juga pada zaman kuno. Kata sifatnya adalah (mathematikos), berkaitan dengan pengkajian, atau tekun belajar, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus (mathematike tekhne), di dalam bahasa Latin ars mathematica, berarti seni matematika. Istilah dari berbagai negara yaitu : mathematics (Inggris), mathematik (Jerman), mathematique (Perancis), matematico (Itali), matematiceski (Rusia), atau mathematick (Belanda)
matematika adalah pola pikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide dari pada mengenai bunyi. Ruang lingkup Standar kompetensi matematika merupakan seperangkat kompetensi matematika yang dibukukan dan harus ditunjukkan oleh siswa pada hasil belajarnya dalam mata pelajaran matematika. Pengorganisasian dan pengelompokan materi pada materi didasarkan menurut disiplin ilmunya atau didasarkan menurut kemahiran atau kecakapan yang hendak dicapai. Aspek atau ruang lingkup materi pada standar kompetensi matematika adalah bilangan, pengukuran dan geometri, aljabar, trigonometri, peluang dan statistik, dan kalkulus.

Fungsi 
Matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui pengukuran dan geometri, aljabar, peluang dan statistik, kalkulus dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan melalui model matematika yang dapat berupa kalimat matematika dan persamaan matematika, diagram, grafik atau tabel.


Tujuan matematika dalam pendidikan :
1. Kemampuan dalam memecahkan masalah matematika, pelajaran lain ataupun masalah yang 
        berkaitan dengan kehidupan nyata.
2. Kemampuan menggunakan matematika sebagai alat komunikasi.
3. Kemampuan menggunakan matematika sebagai cara bernalar yang dapat dialih  gunakan pada setiap keadaan, seperti berpikir kritis, berpikir logis, berpikir sistematis, bersifat objektif, bersifat jujur, bersifat disiplin dalam memandang dan menyelesaikan masalah.

OPINI : Jadi kesimpulan Matematika adalah ilmu dalam membantu memecahkan masalah dalam berbagai bidang ekonomi, akuntansi, geografi dan lain-lain dalam kehidupan manusia sehari-hari untuk masa kini dan masa yang akan datang. Dalam matematika terdapat banyak rumus, dari rumus tersebut tidak mungkin kita hafal semua melainkan kita mengerti dahulu apa yang kita pelajari dan dengan sendirinya kita dapat mengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar