Minggu, 06 Januari 2013

KEBUDAYAAN MASYARAKAT SUNDA



               Kebudayaan sunda sering dikaitkan sebagai kebudayaan raja-raja Sunda atau tokoh yang diidentikkan dengan Raja Sunda. Dalam kaitan ini, jadilah sosok Prabu siliwangi dijadikan sebagai tokoh panutan dan kebanggan orang Sunda, karena dimitoskan sebagai Raja Sunda yang berhasil, sekaligus mampu memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya. Ada beberapa etos atau watak dalam budaya sunda tentang satu jalan menunju keutamaan hidup. Selain itu, etis dan watak sunda juga dapat menjadi bekal keselamatan dalam mengurangi kehidupan didunia ini. Etos dan watak sunda itu ada lima, yaitu:
1.      Cageur yaitu sehat jasmani dan rohani
2.      Bageur yaitu baik hati, memberi nasihat antar sesama
3.      Bener yaitu tidak bohong, dan loyal dalam melaksanakan tugas
4.      Singer yaitu penuh menjaga diri
5.      Pinter yaitu pandai ilmu dunia dan akhirat
            Etos atau watak ini sudah lahir sejak zaman Salakanagara dan Tarumanagara. Intinya budaya sunda menata tradisi dan budaya mereka dengan prinsip diturunkan secara turun menurun oleh pendahulunya, yakni terutama Raja-Raja Sunda terdahulu dengan sistem kuno. Di provinsi Jawa Barat lebih banyak masyarakatnya menggunakan bahasa sunda dibandingkan dengan provinsi yang lainnya, Jawa Barat memiliki ibukota yaitu Bandung berdiri pada 14 Juli 1950, dan diatur oleh UU No.11/1950, terletak di Pulau Jawa ( 5ºLS-8ºLS dan 106º-109ºBT ) memiliki luas wilayah 3.266.559 km². Dan memiliki julukan Paris Van Java, Jawa Barat memiliki Bandar Udara yaitu di Husein Sastranegara Bandung, dan Pelabuhan Laut di Pelabuhan Cirebon. Tarian tradisional provinsi jawa Barat yaitu Tari Topeng Kuncaran, Tari Merak, Tari Jaipong, Rumah Adat yang terkenal adalah Rumah Kasepuhan Cirebon
 
               Senjata Tradisoanal tersebut adalah Kujang, di Jawa Barat juga memiliki Lagu Daerah yang tak kalah menariknya yaitu Bubuy Bulan, Cing Cangkeling, Es Lilin, Karatagan Pahlawan, Manuk Dadali, Panon Hideung, Peuyeum Bandung, Pileuleuyan, Tokecang, agar lagu tersebut dapat didengar dengan indah masyarakat sunda juga memiliki Alat Musik Tradisoanal yaitu angklung (sumber bunyi: ideofon, digetarkan dengan menggunakan tangan)



         Masyarakat sunda juga memiliki tokoh pahlawan yang sangat terkenal yaitu R.Otto Iskandardinata, R.E. Martadinata, Dewi Sartika,dll. Dan perguruan tinggi negeri yang terkenal di Jawa Barat yaitu Universitas Padjajaran (UNPAD), IPB (Institut Pertanian Bogor)
Universitas Indonesia Depok (UI Depok), Institut Teknologi Bandung ( ITB), STT Telkom, Unversitas Negeri Bandung (IKIP). Di Jawa Barat mempunyai makanan khas daerahnya yang sangat digemari oleh masyarakat sunda seperti Oncom, pepes, Sirpan, siomay Bandung, sate Bandeng, Daging lapis, Pepes Ikan Majalaya, lalapan, sayur asem,dll. Di Jawa Barat juga mempunyai aobjek wisata yang sangat ramai sekali untuk dikunjungi karena di Jawa Barat dikelilingi dengan pegunungan yang membuat suasana disana sangat sejuk dan tidak membosankan untuk datang lagi kesana, objek wisata itu seperti Kebun Raya Bogor, Istana Presiden Bogor, Museum Zoologi, Taman safari Indonesia, waduk Jatiluhur, Kawah Gunung Tangkuban Perahu, Pangandaran,Cikepuh, Pelabuhan Ratu,dll.

Setiap daerah memiliki peninggalan sejarah dn diJawa Barat juga memiliki peninggalan sejarah yang sangat terkenal yaitu Candi Cangkuang (Garut), Prasasti Kebon Kopi (Bogor),  Prasasti Muara Ciaruteun (Bogor), Prasasti Pasir Alwi (Bogor), Keraton Kasepuhan (Cirebon), Keraton Kanoman (Cirebon), Makam Sunan Gunung Jati (Cirebon), Prasasti Batu Telapak Kaki Raja Tarumanegara, Purnawarman (Prasasti Cinten). Di Jawa barat terdapat industri dan pertambangan yaitu Minyak, Tekstil, Pabrik Teh, Susu, Sutra Alam, Baterai, Kertas Pupuk, Semen, Senjata, Alat Telekomunikasi, Pesawat Terbang ,Batik, Tenun,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar